Tips Jitu Menghemat Penggunaan Paket Data di Android

Tips jitu menghemat penggunaan paket data di android - Bagi pengguna gadget pintar atau smartphone, berlangganan akses paket data merupakan hal yang mutlak harus dimiliki untuk memaksimalkan fitur yang ada didalam smartphone. Namun dengan semakin membaiknya akses data 3g maupun 4g di indonesia, celakanya masih banyak orang yang kecolongan dengan penggunaan paket akses data sehingga sangat mudah habis dari biasanya.

Sekarang admin akan memberikan Tips jitu menghemat penggunaan paket data (Kuota) di smartphone android, kamu bisa mencoba 5 tips jitu mudah ini :

Tips jitu menghemat penggunaan paket data di android



1. Memanfaatkan chrome data saver di browser chrome

Berseluncur di internet merupakan kebiasaan yang cukup sering dilakukan oleh pengguna smartphone, agar kuota data kamu tidak terkuras habis browser telah memfasilitasi dengan fitur canggih yang bernama Chrome Data saver.

Fitur canggih ini akan menghemat penggunaan data kamu dengan mengkompresi semua lalu lintas data yang masuk ke smartphone kamu sehingga bisa menghemat penggunaan data. Untuk mengaktifkan fitur canggih ini kamu bisa masuk ke pengaturan Chrome lalu pilih opsi data saver lalu pilih opsi on.

2. Mematikan opsi sinkronisasi yang tidak dibutuhkan

Seperti gambar di atas admin hanya menghidupkan sinkronisasi gmail saja. Menonaktifkan sinkronisasi merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghemat penggunaan data. Sinkronisasi yang aktif pada dasarnya akan membiarkan aplikasi berjalan secara otomati sehingga akan melakukan singkronisasi dan akan menyedot penggunaan data tanpa kamu sadari.

Mulailah dengan mengatur sinkronisasi akun google kamu dengan mematikan sinkronisasi yang tidak penting seperti calendar, contact, app data dan lain sebagainya, jika ada beberapa yang kamu anggap penting dan perlu sinkronisasi seperti gmail maka tidak ada salahnya kamu mengaktifkan opsinya. Setelah melakukan sinkronisasi pada akun google kamukamu, maka selanjutnya atur sinkronisasi pada akun-akun yang lain nya bila ada.

3. Atur limit data, batasi akses data di backround dan identifikasi penggunaan aplikasi yang menyedot data


Atur Limit Data

Apakah kamu tau, jika google sudah merancang OS android dengan fitur agar kamu bisa memantau penggunaan data? Untuk menggunakan fitur ini kamu bisa masuk ke menu pengaturan, lalu pilih opsi penggunaan data atau data usage jika bahasa pada smartphone kamu menggunakan bahasa inggris, aktifkan opsi setel batas data seluller atau set celluler data limit. Perhatikan gambar grafik penggunaan data dibawahnya. Gunakan garis horizontal untuk mengatur akses paket data.

Jika kamu membeli paket data bulanan sebesar 2GB maka atur garis horizontal tersebut ke batas 2GB. Dengan demikian, kamu akan melihat aktifitas penggunaan data sehari hari yang nantinya kamu bisa mendapatkan pemberitahuan jika paket data sudah mencapai batas yang sudah kamu tentukan.

Batasi data di backround

Untuk menggunakan opsi ini, kamu hanya perlu mengklik 3 titik yang ada di atas pojok kanan ditampilan penggunaan data. Pilih opsi batasi data latar belakan atau restrcict backround data. Opsi ini akan dengan cerdas menginformasikan ke aplikasi yang ada di perangkat smartphone kamu untuk lebih hemat menyedot data kuota kecuali jika tersambung ke wifi.

Opsi ini sangat cocok untuk kamu yang jarang aktif di social media maupun aplikasi chat. Ini semua karena notifikasi atau singkronisasi akan masuk setelah smartphone kamu terhubung ke jaringan wifi.

Identifikasi Aplikasi yang menyedot data
Untuk mengidentifikasi aplikasi apa yang paling banyak menyedot penggunaan data, kamu bisa melihatnya dengan menscrool kebawah pada halaman penggunaan data. Nanti akan muncul beberapa aplikasi yang sedang berjalan dengan jumlah informasi penggunaan palet data yang sudah digunakan. Jika ada aplikasi yang menurut kamu tidak penting namun penggunaan datanya sangat besar, tidak ada salahnya kamu menghapus aplikasi tersebut.

4. Jangan lakukan update aplikasi secara otomatis di playstore

Jika kamu tidak mengaturnya atau kamu lupa tidak mengaturnya menjadi tidak update aplikasi secara otomatis atau do not auto-update apps, kamu akan lebih cepat kehabisan data karena sudah melakukan update aplikasi secara otomatis, karena setiap aplikasi membutuhkan pembaharuan. Nah banyak yang tidak sadar bahwa pembaharuan aplikasi bisa dilakukan secara manual dengan mematikan opsi do not auto-update apps atau jika kamu ingin melakukan pembaharuan aplikasi secara otomatis kamu bisa memilih opsi auto-update apps over WI-FI only.

Untuk mengaktifkan salah satu opsi seperti digambar yang harus kamu lakukan hanya masuk ke playstore store, kemudian pilih opsi setelan, di opsi perbaharui aplikasi kamu bisa memilih salah satu opsi yang seperti di atas. Dengan begitu ketika ada pemberitahuan aplikasi maka kamu harus melakukan pembaharuan secara manual jika kamu memilih opsi do not auto-update apps dan jika kamu memilih opsi auto-update apps over WI-FI only maka aplikasi akan di perbaharui jika terkoneksi ke WI-FI saja.

5. Gunakan Youtube secara offline

Tidak hanya berseluncur di internet, aktifitas menonton Video di Youtube juga sangat menyedot penggunaan data. Nah untunglah youtube kini ada fitur offline nya, akan tetapi bukan berarti kamu bisa menonton video di Youtube tanpa penggunaan data tetapi kamu bisa mendownload nya terlebih dahulu sebelum menonton, jika kamu sering menonton video yang itu itu saja maka dengan mendownloadnya menjadi tips untuk menghemat penggunaan data.

Cara mendownload nya buka aplikasi youtube terlebih dahulu kemudian pilih video yang akan kamu tonton. Kemudian pilih icon tanda panah kebawah dan pilih tambahkan offline video. Sesudah mengunduhnya kemudian pilih opsi pengaturan dan pilih opsi video offline untuk menonton nya. Video tersebut sudah tersimpan dan kamu bisa menontonya berulang kali dimana saja dan kapan saja tanpa menyedot data kuota kamu.

Selamat mencoba semoga artikel tentang Tips jitu menghemat penggunaan paket data (Kuota) di smartphone android bisa membantu menghemat penggunaan data kamu.

Postingan populer dari blog ini

Lipsum